Menikmati Roti Mantau Khas China

Kamis, 21 Juni 2018 - 12:39 WIB
Menikmati Roti Mantau Khas China
Menikmati Roti Mantau Khas China
A A A
WILAYAH China memiliki makanan yang turun-temurun diwariskan dari zaman dahulu hingga sekarang tetap dipertahankan, salah satunya adalah roti mantau atau mantou.

Mantau merupakan makanan pokok di daerah China bagian utara. Makanan ini juga dapat ditemui di kawasan kuliner di Beijing, seperti Wangfujing, Jiumen Street, yang merupakan tempat menjual jajanan pasar di Beijing.

Mantau yang sekilas Anda lihat seperti bakpao, tapi berbeda dengan bakpao merupakan sejenis roti yang dikukus, mirip bakpao, yang berbahan dasar tepung beras dan ragi. Perbedaannya, mantau tidak memiliki isi di dalamnya dan tekstur mantau lebih padat dari bakpao.

Di daerah China bagian utara, makanan ini merupakan makanan yang mahal karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas tinggi. Mantau memiliki rasa manis dan padat, tapi ketika dikunyah sangat lembut.

Bentuk mantau pada umumnya berbentuk persegi panjang yang menggelembung, dengan bagian samping lebih menggelembung dari bagian atasnya. Penasaran dengan rasanya? Ketika mencobanya Anda akan merasakan tekstur yang padat dari roti dengan tingkat kelembutan berbeda.

Hingga kini mantau tetap mempertahankan cita rasanya yang manis dan lembut. Terdapat cara menyantap mantau yang berbeda di dalam tradisi masyarakat China, yaitu ada yang digoreng dan ada pula yang dikukus. Biasanya mantau goreng dimakan dengan susu kental manis, sedangkan mantau yang dikukus dimakan tanpa tambahan apa pun.

Secara tradisional, mantau, bing, dan mi gandum adalah karbohidrat utama dari diet China Utara, sama seperti beras, yang merupakan andalan menu China Selatan. Dikenal di selatan, tetapi sering disajikan sebagai makanan jalanan atau hidangan restoran, bukan sebagai makanan pokok atau masakan rumahan.

Restoran mantau kerap hanya merupakan kedai kecil. Pengolahannya pun sederhana, dengan menggoreng dan mencelupkan dalam susu kental manis. Mantau saat ini sering dijual siap sedia sebelum dimasak di bagian beku supermarket Asia.

Dengan begitu, ketika ingin mantau cukup mengukus atau memanaskan dalam oven microwave . Mantau di beberapa negara punya jenis yang berbeda dan dapat digunakan untuk menunjukkan kedua roti yang terisi dan tidak terisi. Di Jepang, pembacaan lokal setara kata ( manj? ) hanya mengacu pada roti yang diisi. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)